2020 dan Upaya Lebih Mencintai Diri Sendiri

Source: Pinterest


Selamat tahun baru! Semoga tahun ini kita setidak-tidaknya menjadi selangkah lebih baik, selangkah lebih maju, dan selangkah lebih bijak dalam menjalani kehidupan.

Tahun ini, aku tak mengharapkan banyak dari diriku sendiri. Tak akan kubiarkan diriku berjuang terlalu keras untuk memenuhi resolusi-resolusi yang terkadang hidup menjelma ilusi.

Akan kuajari diriku untuk tertawa saat aku ingin tertawa. Akan kulepaskan bahagiaku tanpa rasa bersalah yang telah bertahun-tahun kupapah di pundakku. Aku hanya ingin tertawa tanpa menahannya sebab merasa tidak berhak bahagia atas luka dariku pada seseorang. Aku hanya ingin bahagia tanpa merasa kembali menciut. Aku akan tertawa lepas dan menjadi egois dengan menghempaskan rasa bersalah itu tanpa memungutnya kembali.

Tahun ini, aku juga akan mengajari diriku untuk menangis saat ingin menangis. Tanpa harus merasa sesak sebab menahannya di ujung dadaku. Akan kuajari diriku tentang kelegaan melepaskan rasa sakit sedikit demi sedikit.

Aku bertekad untuk mencintai diriku lebih baik daripada yang lalu-lalu. Tertawa saat ingin tertawa, menangis saat ingin menangis, beristirahat sejenak saat merasa lelah, juga lebih banyak mendengar kata hatiku tentang apa yang benar-benar dibutuhkannya.

Aku akan lebih mencintai diriku sendiri kali ini. Lebih daripada mencintai seseorang yang pernah-penah, lebih daripada membebani diri dengan rasa bersalah atas luka pada seseorang yang pernah-pernah. Aku akan lebih mencintai diriku sendiri kali ini.

Posting Komentar

0 Komentar