Perihal Meminjam (Menjaga dan Dipercaya)

Syarat utama memiliki dan meminjam sesuatu adalah menjaganya sebaik mungkin.

Saya cenderung menjaga segala sesuatu yang saya miliki dengan baik. Salah satu contoh paling besar adalah ketika membeli buku baru, saya selalu membungkus sampulnya sebelum membaca isinya. Mengapa? Karena saya ingin apa yang saya miliki terjaga. Contoh lain, saya berhati-hati mencuci pakaian saya, memisahkan pakaian berwarna dan pakaian putih. Agar warna pakaian itu tetap terjaga sebaik mungkin.

Dengan kata lain, saya selalu berupaya menjaga apa yang saya miliki. Sebab bagi saya, menjaga apa yang saya miliki adalah salah satu bentuk menghargai diri. Mengapa merupakan salah satu bentuk menghargai diri? Sebab saya memutuskan memiliki sesuatu itu, karena saya percaya kepada diri saya sendiri, bahwa setelah memilikinya, saya akan menjaganya dengan baik. Maka, jika saya mendapati beberapa benda yang tidak terpakai dan tidak saya jaga dengan baik, saya merasa banyak bersalah kepada diri sendiri, pun barang-barang yang tergeletak itu.

Saya juga cenderung berpikir berkali-kali hingga seratus kali jika ingin meminjam barang milik orang lain. Saya takut jika saya meminjamnya, saya tidak menjaganya dengan baik. Bagaimana bila saya merusak apa yang orang lain jaga? Jika saya benar-benar membutuhkannya dan akan saya gunakan terus menerus, maka saya harus membeli barang-barang tersebut. Bukankah curang namanya, jika orang lain berupaya keras agar bisa membeli barang tersebut sementara kamu luar biasa menikmati menggunakannya yang bahkan tanpa menjaganya? Iya, maaf, bagi saya itu curang (dan emm-- lancang).

Jadi, pikirkan lagi! Jika orang lain tidak meminjamkan barang-barang miliknya padamu, jangan langsung berpikiran negatif tentang orang itu! Mungkin saja, kamu yang menjadi penyebabnya. Mungkin saja, selama ini ia memerhatikanmu yang tidak menjaga apa yang orang lain jaga ketika meminjam.

Kamu harus tahu hal ini; menjaga barang milik orang lain adalah melakukan penjagaan dua kali lipat lebih ekstra daripada menjaga barang milik sendiri. Sebab kau meminjam barang-barang milik orang lain dan kepercayaannya terhadapmu.

Posting Komentar

0 Komentar